Hasil Survei Sosial dan Ekonomi Buruh Perempuan di Tiga Zona Industri Subang (Bag. 5)

Perlakuan Kurang Layak dari Perusahaan

Berdasarkan persepsi dari responden terkait perlakuan perusahaan terhadap buruh perempuan, mayoritas responden (60%) mengatakan bahwak perlakukan perusahaan masih dianggap kurang layak. Bahkan, 36% lainnya menyatakan tidak layak! Hampir seluruh responden (96%) menganggap perlakuan perusahaan kepada buruh perempuan tidak sesuai dengan harapan mereka. Kelayakan ini tentu saja bersifat subyektif dan diperlukan pendalaman secara kualitatif pada aspek mana saja perlakuan perusahaan tersebut dianggap kurang dan tidak layak?

survey trpip 8

Peran Serikat Buruh menurut responden

Sebagai sebuah organisasi yang menjadi wadah bagi buruh, kehadiran serikat buruh memberikan dampak tertentu bagi buruh itu sendiri, baik dampak positif maupun negatif. Dari hasil survei ini menunjukkan bahwa 59% responden menyatakan bahwa Organisasi Serikat buruh yang ada di perusahaan atau pabrik mereka memiliki peran yang baik bagi buruh. Peran disini bermakna serikat buruh memberikan pendidikan, pengetahuan, perlindungan, dan hal-hal lainnya yang dianggap berpengaruh positif bagi buruh. Sementara itu, 22% mengatakan cukup berperan. Uniknya ada juga responden (14%) yang tidak tahu perihal organisasi serikat buruh di perusahaannya. Hal ini menandakan sosialisasi organisasi ini masih belum menyeluruh. Hanya 5% dari responden buruh perempuan yang menyatakan bahwa organisasi serikat buruh tidak memiliki peran sama sekali terhadap mereka. Kondisi ini bisa menjadi bahan instropeksi bagi pegiat serikat buruh agar lebih memaksimalkan lagi peran mereka, terutama agar mampu mendatangkan manfaat secara langsung maupun tidak langsung, khususnya bagi buruh perempuan.

survey trpip 7

Jika dipotret lebih dalam di setiap zona industri, peran serikat buruh di wilayah zona industri Kalijati menunjukkan peran yang paling tinggi (61,9%) bila dibandingkan dengan serikat buruh di wilayah purwadadi (57,5%) dan cipeundeuy (56%). Meskipun demikian, responden di wilayah Kalijati pula yang paling tinggi ketidaktahuannya tentang keberadaan dan peran organisasi serikat buruh (23,8%). Sementara itu, jika dilihat dari persepsi responden terhadap kurangnya peran serikat buruh, responden dari Purwadadi (9,4%) paling banyak menganggap serikat buruh tidak berperan.

Selanjutnya >>> Bagian 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *