Puluhan Warga Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang Diselenggarakan Relawan Dewi Nirmalasari

SUBANGBARU.com, Cikaum – Puluhan warga Desa Cikaum Barat, Kecamatan Cikaum, Minggu (17/9/2017) antusias mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang diselenggarakan oleh relawan Dewi Nirmalasari. Sejak pukul 08.00 warga sudah mengantre di lokasi pemeriksaan kesehatan tersebut. Perawat dan Dokter yang juga merupakan relawan, dengan teliti melayani pasien yang datang satu-persatu. Pemeriksaan kesehatan tersebut baru berakhir sekitar pukul 13.00 WIB.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, warga juga diberikan penyuluhan oleh tim dari Jamkes Watch mengenai akses dan pentingnya BPJS Kesehatan termasuk tatacara klaimnya, yang ternyata banyak diantara warga yang belum memahami hal ini.

Warga tengah diperiksa kesehatan oleh tim relawan

 

Ibu Dewi Nirmalasari memberikan pengarahan kesehatan kepada masyarakat

Warga kampung Sayuran, Desa Cikaum Barat, Karta, mengapresiasi digelarnya acara tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih atas digelarnya acara ini,” ujarnya. Karta juga berharap kedepan diadakan acara pengobatan gratis bukan hanya pemeriksaan gratis saja.

Koordinator Relawan Dewi Nirmalasari, Dani Afgani mengungkapkan, kegiatan ini terselenggara berkat semangat para relawan mulai dari yang menyiapkan tempat, perawat dan dokternya. Dirinya mengucapkan terimakasi kepada para relawan dan memohon maaf kepada warga apabila dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan.

“Kegiatan ini terselenggara sesuai dengan kemampuan sumberdaya yang dimiliki relawan. Mohon maaf, saat ini kami hanya bisa menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan saja sesuai dengan sumber daya yang kami miliki. Ke depan barangkali ada yang mau turut membantu penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan gratis serupa atau pengobatan gratis, kami sangat terbuka,” ungkap Dani.

Tim Jamkes Watch dari FSMPI memberikan penyuluhan mengenai BPJS Kesehatan
Relawan Garda Metal FSPMI membantu warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis

Dani juga mengajak para bakal calon Bupati/Wakil Bupati lainya untuk juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan dasar warga masyarakat seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis dalam sosialisasi dirinya sebagai bakal calon Bupati / Wakil Bupati.

Sementara itu Dewi Nirmalasari yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras para relawan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Puluhan warga antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis

“Dari kegiatan ini terfikir oleh saya secara pribadi bahwa ke depan perlu diefektifkan kembali program khusus pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat dengan cara jemput bola, misalnya dengan tim pemeriksaan keliling. Program tersebut dapat disinergikan antara pemerintah, swasta dam relawan yang peduli untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya kesehatan,” ungkapnya.

Saya yakin banyak generasi muda yang peduli, para relawan hari ini hanya sebagian kecil dari generasi muda yang memiliki potensi untuk membantu masyarakat sesuai bidang dan kapasitasnya masing-masing secara sukarela,” pungkas Dewi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *